Belajar tentang blog

Blog sudah menjadi standard umum di internet, dimana tiap harinya muncul 120ribu blog baru di dunia. Kenapa kita perlu untuk memiliki Blog dan belajar tentang blog? jawabannya sudah pernah saya kemukakan di artikel saya yang lain.

Untuk belajar ngeblog sangatlah mudah. Yang Anda butuhkan adalah waktu, sebuah topik yang anda sukai dan tempat ngeblog Anda. Untuk waktu cukup sediakan sejam untuk menulis sebuah artikel baru. Artikel yang anda tulis berasal dari topik yang Anda sukai. contohnya saya sedang menyukai iguana, kemudian saya mencoba menulis pengalaman saya memelihara iguana di http://beternakiguana.blogspot.com/.

Untuk tempat ngeblog ada pilihan hosting gratis maupun hosting berbayar. Contoh layanan blog hosting gratis :

* Wordpress
* Blogspot atau Blogger
* Typepad
* Bahkan situs-situs sosial networking seperti facebook, friendster maupun myspace memiliki layanan blog gratis.

Sedangkan untuk blog hosting berbayar Anda perlu membeli domain sendiri dan hosting sendiri. Dengan duit sebesar Rp. 180 ribu anda sudah memiliki nama domain .com sendiri dan hosting 100MB. Keuntungannya apa jika Anda memiliki hosting blog sendiri?

1. Branding domain name Anda : mungkin akan tampak lebih keren jika di kartu nama Anda mencantumkan website dengan nama Anda bukan?
2. Pengaturan lebih maksimal : blog hosting gratis seringkali membatasi pengaturan blog kita, contohnya menginstall plugin atau menambah kode Adsense dll. Dengan membeli blog hosting sendiri maka Anda memiliki kendali penuh terhadap hosting Anda.
3. Tidak tergantung dengan situs lain : kalau-kalau blog hosting kita bangkrut. ekstrim sih. namun bagaimana jika account anda di block karena suatu alasan?

Walaupun demikina hosting gratis pun memiliki keuntungan :

1. Mudah penggunaannya : karena biasanya sudah tersetting secara default. Tinggal daftar anda sudah siap ngeblog.
2. Mudah terindex di search engine : layanan blog hosting gratis biasanya memiliki mekanisme supaya blog baru terindex di search engine secara otomatis.
3. Kapasitas penyimpanan besar : seperti halnya perusahaan email yang berlomba-lomba menyediakan kapasitas besar, maka layanan blog hosting gratis juga demikian. Kapasitas bisa mencapai 1 GB.

Pilihan di atas adalah merupakan keputusan Anda. Namun saran saya ketika Anda mulai belajar tentang dunia blog, maka sebaiknya menggunakan layanan blog hosting gratis. tentunya Anda tidak ingin menemui kesulitan besar saat mengawali sesuatu bukan. Anda cukup mendaftar dan pelajari sedikit cara memposting sebuah Artikel. Setelah Anda merasa cukup mahir dengan blog hosting gratis maka Anda bisa mencoba-coba menggunakan blog hosting berbayar.

Untuk itu Anda membutuhkan software blog di website Anda. Ada banyak pilihan seperti :

1. Wordpress
2. BBblog
3. B2 Evolution
4. SimpleBlog Windows/ASP Host

Namun saran saya gunakan software yang memiliki komunitas pengembang yang besar. Selain memudahkan kita mendapatkan themes dan plugins gratis, juga memudahkan kita mempelajarinya karena akan banyak tutorial tentang software tersebut.

Tambahan jika hosting Anda memiliki script fantastico, maka software-software ini mudah diinstal dengan beberapa klik saja di cpanel Anda.

Akhir kata belajar tentang blog tidak lah sulit. Sama seperti menggunakan email, maka ngeblog pun bisa menjadi sebuah kebiasaan baru Anda. Selamat belajar blog!