Bagaimana cara menjadi Blogger?

Mungkin beberapa orang bercita-cita ingin menjadi penulis, namun tidak pernah kesampaian. Selain karena susahnya mencari penerbit, terlalu banyak aturan menyebabkan kita malas untuk menulis buku. Seperti isi buku harus terstruktur dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Untuk itulah saya tidak pernah kepikiran untuk menjadi Penulis buku, karena saya tidak suka terikat dalam aturan formal. Untuk menyalurkan hobi menulis saya, saya cukup menyediakan beberapa blog yang sesuai dengan tema tulisan saya. Tujuan saya tentunya ingin ikut berbagi pengalaman dan membangun komunitas yang baik.

Untuk menjadi seorang blogger yang baik dan dikenal orang menurut saya susah-susah gampang. Susahnya adalah mencari topik baru dan waktu untuk nge-blog. Gampangnya adalah semuanya sudah tersedia, dari bahan referensi topik sampai sistem untuk nge-blog sudah tersedia ( baca software ).

Untuk memiliki sebuah blog, Anda bisa menggunakan blog gratis atau menginstall software blog di website Anda. Pilihan pertama tentunya lebih mudah digunakan karena selain tidak ada biaya, kita hanya cukup mendaftar di situs blog gratis seperti wordpress dan blogspot, kemudian bisa segera menulis tanpa mengurusi instalasi software blog di website Anda. Namun kelemahannya adalah kita tidak memiliki kebebasan untuk mengembangkan blog kita. Seperti instalasi plugin ( program bantuan ) dan themes ( layout atau presentasi blog Anda ). Untuk itu jika Anda ingin membuat blog yang serius maka saya sarankan untuk membeli domain dan hosting sendiri.

Pengalaman saya di dunia Blog memang belum lama, baru sekitar 1 tahun, namun ada beberapa tip yang bisa saya berikan kepada Anda :

1. Bersifat terbuka ke pengunjung blog Anda : utamakan sifat keterbukaan, usahakan tidak ada yang ditutup-tutupi. Jangan mengarang-ngarang cerita karena akibanya sangat fatal. Anda tentunya tidak ingin terkenal sesaat bukan?
2. Jangan malu untuk menulis pengalaman Anda : Baik buruk Anda, orang lain tetap suka mendengarkan pengalaman Anda. Karena pengalaman merupakan sesuatu yang nyata dan dapat dipercayai.
3. Rajin-rajin lah mengunjungi blog, forum atau situs orang lain : cari apa yang sedang tren saat ini, lihat bagaimana cara mereka menyampaikan ide mereka dan jika Anda tertarik untuk menulis topik yang sama maka jangan lupa mencantumkan sumber tulisan Anda. karena kaitan ke website lain sangat membantu menyempurnakan tulisan Anda dan baik juga untuk SEO.
4. Luangkan waktu Anda untuk menulis : ini mungkin yang paling susah. Tapi menurut saya Anda tidak harus menulis tiap hari, mungkin hari ini Anda cukup menulis beberapa alinea atau mungkin cuman judul topik saja, kemudian simpan dahulu sebagai draft ( artikel yang belum siap posting ). Esok hari sempurnakan tulisan Anda.
5. Jangan mengejar jumlah artikel per bulan : banyak saya perhatikan, ketika memulai menjadi seorang blogger, pada hari pertama begitu banyak artikel yang di posting. Ada yang menulis sampai 10 artikel per harinya. Namun hari-hari berikutnya menurun drastis, dan akhirnya tidak Ada posting sama sekali. Lebih baik memulai dari satu artikel per hari, kemudian dengan berjalannya waktu maka akan semakin banyak ide yang ingin Anda tuliskan.
6. Jangan mengkopi paste tulisan orang lain mentah-mentah : ini berkaitan dengan SEO, dimana search engine seperti google akan mempinalti website Anda jika terlalu banyak isi website yang sama dengan website lain. Akan lebih baik jika Anda memodifikasi dahulu sebelum memposting ke blog Anda, tapi ingat referensi ke sumber Anda.

Mudah-mudahan tip-tip ini dapat membantu Anda menjadi Blogger yang baik.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free