Cara Mendaftarkan Blog Ke Google


Setiap kita membuat blog menjadi suatu keharusan untuk mendaftarkan blog kita ke mesin pencari. Walaupun blogger “anak kandung” google, namun kita juga tidak bisa berpangku tangan begitu saja. Tak terkecuali untuk blog seperti wordpress ataupun multiply.
Pada tutorial singkat ini kita akan bersama-sama mengetahui bagaimana cara mendaftarkan atau submit blog ke mesin pencari google sekaligus menambahkan dan verifikasi blog tersebut di google webmaster tools. Tujuannya agar mudah dikelola seperti submit sitemap dll.


Mendaftarkan blog di Google 



Silahkan copy link url dibawah ini, kemudian paste kan di addres bar.


https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?continue=/addurl


Akan muncul gambar di bawah, masukkan url lengkap blog Anda, kemudian masukkan code captcha yang ada , klik Kirim Permintaan. Selesai.


mendaftarkan blog ke google


Menambahkan blog ke google webmaster tools.



Sekarang masuk ke tautan di bawah, sama seperti cara di atas.


https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in


Kemudian klik tambahkan situs, letaknya di bagian kanan atas. Klik Terus. Selesai ditandai dengan munculnya “situs Anda telah di tambahkan”.




Selesai...? eit tunggu dulu, jika muncul gambar seperti di bawah bahwa situs tidak terverifikasi, maka kita harus memverifikasinya dulu.


cara submit atau mendaftarkan blog di google


Klik 'Verifikasi situs ini', kemudian pilih metode alternatif, klik / pilih item pertama ;


 cara mendaftarkan atau submit blog di google



Kemudian copy Kemudian copy kode yang didapat seperti contoh di bawah;



  • Buka akun blogger > Dasbor> Template> edit html > Lanjutkan > centang expland template
  • masukkan kode di atas, tepat di bawah / di dalam kode  
  • Kemudian simpan template.


contoh;



Judul saya


Kembali lagi ke google webmaster tools, kemudian klik Verifikasi. Selesai. Situs anda sudah terverifikasi dan siap dikelola. Jangan pernah menghapus kode tersebut, simpan kode meta tag yang didapat, agar sewaktu-waktu kita mengganti template, dan lupa memback up, kita tinggal memasukkan ulang.


Demikian tata cara bagaimana mendaftarkan blog atau situs ke google. Untuk langkah selanjutnya adalah submit sitemap blog ke google yang telah saya posting sebelumnya.